5 Ciri-ciri Mereka yang Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Masih ingatkah dulu, ketika kita masih anak-anak.. hanya dengan kain sarung yang dililitkan di belakang punggung kita, kita seolah telah menjadi superman. Atau dengan membawa raket bulu tangkis dan memetiknya ngawur, kita merasa seolah diri kita adalah Elvis Presley. Bahkan ketika saya dulu masih kecil, saya pribadi tidak merasa malu ketika harus ikut mama saya berbelanja ke swalayan padahal saya baru saja pulang dari acara karnaval sekolah dengan kostum tentara lengkap dengan banyak coretan di wajah.

Banyak di antara kita ketika masih anak-anak memiliki kepercayaan yang tinggi dalam menghadapi apapun, namun pertanyaannya adalah mengapa ketika mulai beranjak dewasa banyak diantara perlahan kehilangan rasa percaya dirinya?

Seringnya menghadapi penolakan, dipermalukan di depan umum hingga ditertawakan oleh orang sekitar adalah sedikit dari banyak alasan mengapa perlahan kita kehilangan rasa percaya diri. Tapi tahukah anda bahwa percaya diri adalah salah satu faktor penting bagi kesuksesan kita di masa yang akan datang? Rasa percaya diri yang saya maksud di sini bukan hanya berarti berani melakukan standup comedy di depan panggung padahal lawakannya tidak lucu sama sekali. Tapi jauh dari itu.. rasa percaya diri disini adalah kemampuan kita untuk terus percaya bahwa kita dilahirkan dengan kapasitas untuk mewujudkan apa yang telah kita cita-citakan.

Berikut ini adalah 5 ciri-ciri mereka yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi:

1. Mereka Memandang Kegagalan sebagai Sebuah Referensi Hidup

Mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi belum tentu kebal terhadap kegagalan, malah sering kali mereka menemui kegagalan dalam perjalanan hidupnya. Tapi bagi mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi, daripada terus menerus larut dalam kegagalan, mereka akan menjadikan kegagalan ini sebagai sebuah referensi hidup agar kelak mereka tidak terperosok di lubang yang sama.

2. Mereka Mencari Inspirasi dari Berbagai Sumber

Mereka yang memiliki rasa percaya diri tinggi tidak akan pernah sungkan untuk terus belajar. Baik dari buku, kelas-kelas training atau bahkan dari orang lain yang dirasanya memiliki kemampuan lebih baik dari dirinya. Jika dianalogikan, hal ini seperti halnya seorang professor ilmu ekonomi yang tidak sungkan untuk belajar origami dari cucunya yang masih kecil. Singkatnya, mereka tidak pernah sungkan untuk mengakui kelemahannya asal dapat belajar dari sumber lain yang lebih baik.

3. Mereka Selalu Memperhatikan Apa yang Mereka Ucapkan

Mereka yang memiliki kepercayaan diri tinggi selalu tahu kapan waktu yang tepat untuk berpendapat dan diam. Semua kata-kata yang keluar dari mulutnya adalah gambaran tentang intelejensianya. Satu hal yang pasti, mereka tidak akan pernah berkata tentang sesuatu yang buruk terhadap dirinya maupun orang-orang di sekitarnya.. karena ia tahu bahwa kata-kata adalah bagian dari doa.

4. Mereka Selalu Mencari Tantangan Di Luar Zona Nyaman Mereka

Membangun rasa percaya diri selalu melibatkan sebuah tindakan nyata, karena dalam mengambil tindakan nyata selalu terdapat resiko dan kegagalan yang dapat dipelajari. Mereka tahu bahwa rutinitas yang menjemukan takkan pernah memberikan pelajaran baru untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka.

5. Mereka Bertanggung Jawab atas Apa yang Terjadi Apa-Apa yang Terjadi pada Dirinya

Daripada mengutuki diri sebagai korban dari sebuah keadaan, mereka yang memiliki kepercayaan tinggi merasa bahwa hidup ini sepenuhnya adalah tanggung jawabnya. Mereka tidak mengutuki orang tuanya mengapa ia terlahir sebagai anak orang miskin, mereka tidak pernah mengkambing hitamkan gurunya atas kegagalan dalam mendalamai sebuah pengetahuan dan mereka juga tidak pernah menyalahkan tim kerjanya apabila terjadi kegagalan dalam sebuah proyek.

Ingat seperti apa yang pernah dikatakan Bill Gates, jika anda terlahir sebagai orang miskin itu bukanlah sepenuhnya kesalahan anda. Tapi jika anda meninggal dalam keadaan miskin, sepenuhnya itu adalah kesalahan anda.

 

“The difference between a confident person and an unconfident person is simply that the confident person acts on their ambitions and desires and doesn’t let fear of failure stop them.”

Katty Kay & Claire Shipman on The Confidence Code –

Comments

comments