5 Karakter yang Mencerminkan Bahwa Anda Adalah Pemimpin yang Hebat

Dalam dunia organisasi, sering kali kita menemui berbagai macam orang dengan title Leader yang menjadi nahkoda bagi institusi itu. Beberapa orang yang kita temui tersebut ada yang sangat menginpirasi kita, tapi tak sedikit di antara mereka yang kita pandang sebagai bos yang hanya sekedar menyuruh anak buahnya saja dan marah-marah jika anak buahnya melakukan kesalahan. Dari sini banyak orang penasaran seperti apa sosok seorang leader yang hebat itu sehingga kita semua disini dapat mengambil pelajaran yang berguna ketika kita memimpin sebuah perusahaan atau organisasi. Ketauhilah, jika berbagai macam pemimpin hebat itu kita survey, akan ada beberapa kesamaan karakter yang muncul hingga kita dapat mengindikasikan mereka sebagai seorang yang hebat. Beberapa Karakter itu antara lain:

1. Mengetahui Kelemahan yang Dipimpin, Tapi Fokus pada Kekuatan Mereka

Menyalahkan orang lain atas sebuah kegagalan proyek adalah hal yang mudah, tapi apakah hal ini akan membantu orang yang anda pimpin menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya? Setiap orang mempunyai kelemahan dan kekuatannya masing-masing, alih-alih fokus pada kelemahan anak buah kita, alangkah baiknya sebagai seorang leader kita paham akan kekuatan tiap individu yang kita pimpin sehingga kita dapat menempatkan mereka pada posisi yang tepat sehingga mereka dapat fokus pada bidang yang telah menjadi passion mereka.

2. Tertarik untuk Mendengarkan Kisah dari Orang yang sedang Ia Pimpin

Tapi sebelum paham dengan betul apa kelemahan dan kekuatan orang yang kita pimpin, terlebih dahulu kita harus dapat membangun chemistry dengan mereka yang kita pimpin. Cera membangun chemistry ini ada banyak sekali, seperti dengan menanyakan keadaannya ketika sakit, ngobrol tentang film favoritnya setelah jam kerja selesai hingga sekedar mendengar curhatan masalah kehidupannya. Membangun chemistry ini sangat penting sekali untuk menumpuhkan ikatan emosional satu sama lain. Jika ikatan emosional ini sudah mulai tumbuh, maka untuk sekedar mengetahui kelemahan dan kesulitan pada mereka yang kita pimpin bukanlah sesuatu yang sulit.

3. Sadar akan Kelemahan Kita dan Mau Menerima Masukan bahkan dari Bawahan Kita Sekalipun

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pula kita yang berlebel pemimpin ini. Menyadari bahwa kita memiliki kelemahan akan membuat kita mengerti pentingnya kolaborasi dan menempatkan orang yang tepat di posisi dimana kita bukanlah seorang expert di sana. Selain itu, dengan menyadari kelemahan kita, kita akan mampu mengubah feedback untuk kita menjadi sebuah masukan yang berharga untuk pertumbuhan kualitas kepemimpinan kita secara pribadi. Alih-alih tersinggung, kita dapat menjadikan feedback itu sebagai bahan renungan kita untuk melangkah dan mengambil keputusan kedepannya.

4. Menantang Status Quo

Kebanyak manusia dalam suatu organisasi sudah merasa nyaman dengan rutinitas yang mereka jalankan sehari-hari. Seorang pemimpin yang baik harus tahu cara bagaimana mendobrak status quo ini. Sebagai contoh, mengajak bawahan kita menggunakan teknologi terbaru untuk sebuah efektivitas kerja atau mengajak mereka berpikir apakah ada cara lain di luar rutinitas kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita saat ini. Keberanian seorang pemimpin untuk mendobrak status quo akan membuat organisasi yang kita pimpin terus bertumbuh secara positif di tengah jaman yang berubah secara cepat ini.

5. Bertindak Seperti Seorang Mentor

Seorang mentor adalah instrumen yang powerful dalam sebuah perubahan. Tugas utama seaorang mentor adalah menciptakan pemimpin lainnya sehingga proses delegasi dalam sebuah perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, bertindak sebagai mentor dalam perusahaan yang anda pimpin akan membuat visi yang telah anda set sebelumnya dapat cepat merasuk ke dalam tiap nadi struktur organisasi karena tiap orang yang pernah bersinggungan dengan anda dapat menyerap esensi dari visi anda.

Karakter di atas adalah pendapat saya pribadi setelah menggali beberapa insight dari berbagai macam referensi tentang kepemimpinan seperti artikel yang ditulis oleh Jacob Morgan di Forbes beberapa waktu yang lalu dan pengalaman saya dalam berkarir sejauh ini. Jika anda memiliki pendapat lain mengenai karakter seorang pemimpin yang hebat di benak anda, silahkan anda bagikan pada kolom komentar di bawah ini. Saya akan sangat mengapresiasi sekali tiap pendapat yang anda berikan.

 

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader” – John Quincy Adams

 

This article is actually inspired by Jacob’s Morgan article on Forbes

 

Comments

comments