5 Quotes tentang Leadership dari Para Pemimpin yang Saya Kagumi

Tentang definisi seorang leader

Presiden ke 6 negeri adidaya Amerika Serikat – John Quincy Adams – sangat terkenal akan kutipannya tentang definisi seorang leader. Seperti apa yang ia katakan, saya pribadi sangat setuju bahwa seorang leader adalah mereka yang mampu membuat mereka yang dipimpinnya untuk dapat bermimpi lebih, belajar lebih dan menjadi lebih daripada apa yang mereka bayangkan sebelum anda memimpin mereka.

“If your actions inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader.” – John Quincy Adams

Tentang tugas seorang leader

Setiap pemimpin pasti memiliki sebuah visi, lihatlah bagaimana pemilu berlangsung di negeri ini beberapa bulan yang lalu, semua calon pemimpin datang dengan visinya yang kebanyakan terdengar begitu bombastis. Masalahnya, sebuah visi yang diutarakan tanpa usaha untuk merealisasikan bisa dikatakan hanya jargon belaka. Merupakan tugas seorang leader untuk mentransformasukan sebuah visi menjadi aksi nyata.

“Leadership is the capacity to translate vision into reality” – Warren Bennis

Yang membedakan seorang leader dengan para follower

Jika berbicara tentang the most admirable brand nama Apple Inc. memang tidak dapat dikesampingkan. Sebagai sebuah perusahaan teknologi, Apple Inc. sangat terkenal akan nilai inovasinya yang membuat produk-produk mereka merajai pasar. Hal ini tentu tidak lepas dari peran pendirinya – Steve Jobs – yang selalu menanamkan bahwa inovasi adalah pembeda antara pemimpin dengan para pengekor.

“Innovation distinguishes between a leader and a follower” – Steve Jobs

Tentang managing people

Ketika kita mulai memimpin orang dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda, sering kali kita di hadapkan dengan masalah silang kepentingan atau benturan ide satu sama lain. Dari sinilah peran seorang leader akan diuji, berawal dari bagaimana mengatur kepentingan atau ide yang ada di tiap-tiap talent hingga bagaimana kita merealisasikannya untuk kepentingan bersama.

“Leadership is the art of giving people a platform for spreading ideas that work” – Seth Godin

Tentang leadership menurut sudut pandang saya pribadi

Sebenarnya quote ini lahir atas inpirasi yang datang dari dua video TEDTalk Simon Sinek yang berjudul How great leaders inspire action dan juga why good leaders make you feel safe. Jika anda pernah belajar tentang Hieraki Maslow, anda akan paham bahwa puncak kebutuhan manusia adalah self-actualization atau aktualisasi diri yang mana hal ini melibatkan sebuah kebanggaan atas apa yang telah mereka capai. Itulah mengapa di banyak organisasi besar, anda akan menemui banyak orang yang bangga akan nama perusahaannya, seperti halnya kita yang bangga menjadi orang Indonesia. Karena di banyak organisasi besar, mereka paham bahwa untuk menciptakan rasa aman pada tiap manusia yang dihidupinya, memenuhi kebutuhan sandang, papan dan pangan saja tidak cukup. Butuh cara bagaimana agar mereka bisa memenuhi self-actualization karyawannya, sehingga menimbulkan kebanggaan terhadap nama besar perusahaannya.

Selain itu, seorang leader pun harus tahu apa langkah selanjutnya yang harus ditempuh dalam rangka membawa perusahaannya going to the next level.

“There are only two jobs for a leader: first, creating the future then make your people feel safe” – Bagus Berlian

Note: Jika sebelumnya anda belum tahu tentang Hierarki Maslow, semoga gambar ini bisa membantu

Comments

comments