8 Kesamaan yang Dimiliki Oleh Mereka yang Sukses

Sebuah riset dilakukan selama 7 tahun oleh Richard St John dengan melibatkan interview lebih dari 500 orang yang diklaim publik sebagai mereka yang sukses, seperti Bill Gates, Frank Gehry hingga Rupert Murdoch. Dan hasil dari riset ini terangkum dalam buku yang berjudul “8 to be Great”. Berikut adalah 8 Kesamaan yang dimiliki oleh mereka yang sukses, berdasarkan hasil analisa yang dibuat oleh Richard St John.

Passion

Kerjakan segala sesuatu dengan gairah dan kecintaan yang positif karena hal ini akan menghasilkan sesuatu yang positif juga. Sukses lebih mudah dicapai jika kita mencintai sesuatu yang kita kerjakan. Jika anda pernah mengetahui komentar Bill Gates dan Paul Allen bagaimana mereka pertama kali membangun Microsoft, mereka tidak pernah membayangkan bahwa perusahaan ini akan menjadi sebuah raksasa, mereka hanya sekumpulan anak muda yang suka membuat software.

And Btw “Passion is not to be found, but passion is made.”

Kerja Keras

Menurut Richard Branson selaku CEO dari Virgin Group, pekerjaan itu harus menggairahkan dan menyenangkan. Mungkin saja tidak semua usaha yang kita dirikan akan sukses, tapi yang terpenting kita harus memberikan yang terbaik  dengan bekerja secara maksimal.

Jika anda pernah membaca tulisan saya yang berjudul “Bagaimana Talenta (Seperti The Beatles) Lahir?” anda akan tahu bahwa semua kesuksesan ini adalah buah dari upaya keras seseorang.

Jadilah yang Terbaik dalam Satu Hal

Ketika saya tanya kepada anda tentang Golfer yang sukses, pasti anda akan langsung teringat Tiger Woods. Hal ini juga akan sama seperti Halnya Steve Jobs yang selalu terkorelasikan dengan Inovasi atau Mahatma Gandhi dengan perjuangan Kasihnya. Mereka yang sukses, selalu menjadi yang terbaik di dalam satu hal, bukan di banyak hal.

Fokus

Jika anda pernah membaca buku Malcolm Gladwell yang berjudul “Outliers“, anda akan paham bahwa untuk menjadi seorang yang benar-benar ahli di suatu bidang, minimal orang tersebut harus fokus berlatih pada satu bidang itu selama kurang lebih 10.000 jam. Mari kita sama-sama mencapai 10.000 jam kita, agar menjadi ahli dalam satu bidang tersebut.

Whenever you want to achieve something, keep your eyes open, concentrate and make sure you know exactly what it is you want. No one can hit their target with their eyes closed – Paulo Coelho

Push

Seringkali malas, malu, lelah, bosan bahkan ragu mendera pikiran kita. Namun demi sebuah kesuksesan di kemudian hari, kita harus mampu memaksa diri kita pribadi untuk tetap konstan mengejar apa yang telah kita cita-citakan. Jika anda tidak mampu memaksa diri anda sendiri untuk bergerak, cobalah minta bantuan dari ibu, saudara atau kolega dekat anda agar mereka mau memaksa anda untuk mencapai apa yang telah anda inginkan.

Frank Gehry – salah seorang tokoh dalam dunia arsitektur – menjelaskan bahwa dulu dia adalah anak yang malas, tapi ibunya selalu memaksanya untuk terus belajar lagi dan lagi hingga akhirnya ia menjadi orang yang disegani di dunia arsitektur. Sedikit paksaan atau dorongan dari luar terkadang perlu untuk membawa anda menjadi sukses.

Melayani

Apapun yang anda kerjakan, anda harus tahu siapa yang akan anda layani dengan produk atau jasa anda. Semua orang sukses tahu bahwa kebutuhan melayani adalah kewajiban dari sesama mereka. Mulai dari pemimpin negara yang melayani rakyatnya hingga perusahaan yang melayani konsumennya, semua tahu siapa yang harus mereka layani. Tidak ada satu orang pun yang sukses tanpa menukar suatu nilai dari dalam dirinya.

Ide

Ide adalah sumber dari sebuah kesuksesan. Kolonel Sanders memulai ide konsep franchise dari restorannya yang terpaksa bangkrut karena pembangunan jalan tol, Steve Jobs memulai Apple dengan ide sebuah komputer dengan perangkat inter-face yang sempurna hingga Mark Zuckerberg yang bercita-cita untuk mendekatkan komunikasi antar personal dan lahirlah facebook.

Pada intinya “people with ideas will change the world.”

Pantang Menyerah

Perjalanan menuju kesuksesan akan selalu melewati banyak ketidak nyamanan dan kegagalan. Tapi perlu diketahui, kesuksesan yang lahir dari perilaku pantang menyerah akan menghasilkan karya yang luar biasa. Lihatlah, jika dulu Thomas Alva Edison menyerah untuk menciptakan bola lampu, akankah dunia kita seterang ini?

“Success is a science. If you have the condition, you get the result” – Oscar Wilde

Comments

comments