Apa yang Sebenarnya Membuat Anda Berbeda?

Setelah pada tulisan saya sebelumnya anda telah mengerti mengapa pentingnya sebuah personal branding, mulai detik ini anda harus mengubah pandangan anda mengenai diri anda sendiri. Anda bukanlah “karyawan” Pertamina, anda bukanlah “staf” di Petrokimia, bukan “pekerja” di Semen Indonesia atau “sumber daya manusia” di Bank Indonesia.

Lupakan semua itu! Anda bukanlah bukanlah “milik” perusahaan tertentu sepanjang hidup anda, dan hubungan anda yang terpenting bukanlah pada “fungsi” tertentu. Anda tidak dibatasi oleh jabatan dan tidak pernah dipenjarakan oleh job description anda.

Jika anda masih memandang bahwa peran adalah sebuah bentuk dari struktur jabatan, maka segeralah bakar gambaran ini. Mulai dari sekarang, anda adalah sebuah merek. Walau dalam sebuah organisasi atau perusahaan dengan banyak kolega, anda tetap bisa menonjolkan diri anda daripada rekan yang lainnya dengan cara bekerja lebih cepat, sering memberikan masukan yang membangun atau tidak sungkan untuk melontarkan ide-ide kreatif anda di depan para kolega.

Jika anda berkeinginan untuk menjadi sebuah merek yang berbeda, anda harus terus-menerus memfokuskan diri pada apa yang anda kerjakan yang dapat memberikan nilai lebih, dibanggakan dan yang pasti orang mengenal bahwa itu adalah anda seutuhnya.

Anda sama hebatnya dengan merek-merek seperti Nike, Coke, Mc Donalds, Apple atau The Body Shop. Untuk mulai berpikir seperti kreator produk favorit anda, tanyakan pertanyaan seperti “Apa yang membuat produk atau layanan saya berbeda?” Renungkan baik-baik dalam hati anda.

Mulailah dengan mengenali kualitas atau karakter yang membuat anda berbeda dari pesaing – atau kolega anda. Apa yang telah anda lakukan akhir-akhir ini untuk melihat anda terlihat diantara para kolega? Apa yang menurut orang di sekitar anda merupakan kekuatan anda? Jangan pernah sungkanuntuk meminta masukan yang membangun.

Jika jawaban yang keluar dalam benak anda mampu membuat anda puas, maka tanyakan pada rekan sejawat atau orang terdekat anda. Lihat reaksinya. Jika respon mereka terhadap ide differensiasi anda membuat mereka terkesima, selamat, anda mulai membangun You Inc anda.

Untuk membangun differensiasi brand anda dalam jangka waktu yang panjang, anda perlu menawarkan keuntungan karakteristik yang dominan dari merek anda. Jika kita bicara tentang D’Cost, kita segera ingat akan masakan ala bintang lima dengan harga kaki lima atau jika kita bicara akan Jackie Chan, kita akan segera ingat akan actor laga yang kocak.

Dahulu sebelum membangun merek pribadinya, Jackie Chan lebih banyak dikenal sebagai peniru Bruce Lee. Tapi setelah mengenali karakternya sendiri yang cenderung kocak dan memasukkan hal ini dalam setiap aksinya, menjadikan merek Jackie Chan lebih hidup dan anggapan sebagai peniru Bruce Lee tidak pernah muncul lagi.

Pada dasarnya, untuk membuat merek anda berbeda dari yang lainnya. Sekali lagi anda harus menanyakan pada diri anda, jika merek anda menjadi terkenal, akan dikenal sebagai apa merek anda kelak? Dan meniru-niru merek lain yang sudah besar tidak akan pernah membuat anda survive.

“Esensi dari hidup ini, pada akhirnya adalah sebuah perjalanan untuk menyatakan sebagai apa kita akan dikenal ketika kita mati nanti.” – Self Quote

Comments

comments