Bagaimana Caranya Tetap Fokus saat Kerja di Rumah?

Bekerja dari rumah seakan menjadi mimpi bagi beberapa orang di era milenial ini. Dengan sambungan internet di rumah, kita sebenarnya dapat mengerjakan pekerjaan kita tanpa harus pergi ke kantor. Tapi bagi mereka yang pernah mencoba bekerja dari rumah, kenyataannya memang tidak seindah yang kita bayangkan. Susahnya memisahkan urusan personal dengan professional ketika bekerja di rumah menyebabkan gangguan tersendiri yang kebanyakan tidak akan kita temui ketika bekerja di kantor.

Sebagai contoh ketika anda dalam proses bekerja di rumah, tiba-tiba seseorang di rumah meminta bantuan anda untuk membetulkan genteng yang bocor atau membelikan kebutuhan dapur, tak ayal waktu yang harusnya anda habiskan untuk bekerja akan berkurang hingga anda merasa hari yang anda jalani saat itu kurang produktif.

Sebagai seseorang yang pernah merasakannya, saya telah melihat banyak plus dan minusnya bekerja dari rumah. Tapi yang lebih penting dari itu semua, utamanya bagi anda yang senang bekerja dari rumah, bagaimana proses anda bekerja di rumah bisa menjadi sangat efektif dan mencapai goal yang telah anda tetapkan.

Baru-baru ini Harvard Business Review menerbitkan sebuah artikel menarik bagaimana bekerja dari rumah menjadi sangat efektif dan produktif. Berikut ini beberapa tips yang dibagikan dari artikel tersebut:

Tentukan Jam “Ngantor” Anda

Permasalahan yang jamak di temui bagi mereka yang bekerja dari rumah adalah belum bisanya membagi mana waktu untuk bekerja dan mana waktu yang dikhususkan bagi orang rumah. Untuk itu tentukan jam “ngantor” anda, tanamkan pada diri sendiri bahwa pada jam tersebut anda akan fokus mengerjakan apa yang harusnya anda selesaikan sehingga ketika ada gangguan dari urusan lain yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan ada bisa tetap fokus pada kerjaan.

Sebagai contoh ketika anda telah mendedikasikan waktu ngantor anda di rumah dari jam 9 pagi hingga 5 sore, namun di tengah-tengah itu tiba-tiba istri anda mengajak anda untuk belanja kebutuhan dapur, anda bisa menolaknya sebentar karena ini adalah waktu kerja anda dan mengundurnya mungkin setelah anda selesai dengan komitmen jam kerja anda.

Buat Agenda Apa yang Harus Diselesaikan Hari ini

Kebanyakan mereka yang bekerja dari rumah tidak mendapatkan pengawasan dari supervisor secara langsung, alih alih mereka dapat melakukan kegiatan produktif hari itu, bisa jadi mereka malah tidak tahu apa yang akan dikerjakan hari itu juga.

Untuk itu menetapkan agenda dan deadline pekerjaan adalah hal yang krusial agar proses anda bekerja dari rumah bisa jadi produktif karena pada hari itu juga anda telah paham apa yang akan anda lakukan dan kapan harus menyelesaikannya sehingga ketika ada distraksi, anda akan dapat menahannya dan fokus menyelesaikannya sesuai dengan deadline yang telah dibuat.

Beri Penjelasan pada Orang Rumah

Ketika anda bekerja dari rumah, sering kali orang rumah akan menganggap anda tidak bekerja. Jelaskan pada orang rumah bahwa hari dimana anda ada di rumah ini bukanlah waktu untuk bersantai, tapi ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Sebagai contoh katakan saja pada istri misal “pada jam sembilan pagi sampai jam 5 sore saya harus menulis jurnal karena deadlinenya sudah mepet. Jika memang ada urusan rumah tangga yang harus diselesaikan, kita bisa menyelesaikan setelah itu”. Penjelasan seperti ini sangat penting agar orang rumah juga mengerti tentang keadaan kita dan kita sendiri bisa tetap fokus dan produktif.

Jauhkan Diri dari Sosial Media

Di era milenium ini, sosial media adalah salah satu hal yang bisa dianggap mengganggu produktivitas. Jika pekerjaan anda tidak ada kaitannya dengan sosial media, jauhkan diri dari hal ini, sehingga anda tidak akan pernah terganggu untuk mengecheck notifikasi dan membalas komentar yang sebenanrnya tidak penting dan mengganggu konsentrasi anda dalam bekerja.

Ide penulisan artikel ini diambil dari artikel Harvard Business Review dengan judul “How to Stay Focused When You’re Working from Home” yang ditulis oleh Elizabeth Grace Sounders. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang mulai dan ingin bekerja dari rumah agar tetap produktif.

“The way to get started is to quit talking and begin doing” – Walt Disney

Comments

comments