Contoh Essay LPDP – Kontribusiku untuk Indonesia

Saya selalu merasa bangga dan senang menjadi katalisator perubahan positif bagi lingkungan sekitar. Karena dengan begitu, saya memiliki kontribusi aktif dalam memajukan lingkungan saya dengan berbagai macam karya yang telah saya wujudkan. Dan dalam hal ini, saya awali dengan mewujudkan sebuah organisasi bernama TEDxTuguPahlawan (www.tedxtugupahlawan.org).

 

Didirikan pada awal Februari 2012, TEDxTuguPahlawan adalah sebuah organisasi non-profit di bawah lisensi dari organisasi internasional bernama TED (www.ted.com), yang bertujuan untuk menjadi katalisator ide-ide kreatif dalam upaya mengajak talenta lokal untuk berkarya demi kemajuan dunia, utamanya di bidang Technology, Entrepreneurship dan Design.

 

Dalam perjalanannya, saya berhasil mengajak berbagai macam pihak untuk mendukung visi TEDxTuguPahlawan. Bank Indonesia di Surabaya, Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya serta Institut Francais d’Indonesie, adalah sebagian nama besar yang secara aktif mendukung kegiatan-kegiatan kami.

 

TEDxTuguPahlawan secara aktif mengadakan berbagai macam kegiatan dalam bentuk diskusi bulanan dan juga konferensi tahunan dengan mengundang berbagai macam pakar untuk berbagi ide briliannya pada sebuah forum yang inklusif dan inspiratif. Konjen Amerika Serikat untuk Surabaya – Joaquin Monserrate, Pakar Tata Kota ITS – Professor Johan Silas, Bupati Banyuwangi – Abdullah Azwar Anas hingga dokter Gamal Albinsaid penemu asuransi sampah, adalah sebagian nama besar yang pernah berbagi inspirasi di forum ini. Dalam setiap sesi sharing-nya, para pakar yang berbagi ide ini akan direkam dalam video berdurasi kurang dari 20 menit dan untuk selanjutnya video ini dikontribusikan kepada pihak TED dan di-upload di www.ted.com agar pada akhirnya masyarakat dunia dapat menikmati hasil pemikiran talenta lokal Surabaya.


Berkat kontribusi aktif dalam mengkampanyekan kegiatan TEDxTuguPahlawan, pada tanggal 19 November 2014, saya diundang untuk bertemu Presiden Barack Obama di Diamond Jubilee Hall, The University of Yangon, Myanmar, di sela-sela acara KTT ASEAN. Dalam acara bertajuk Young Southeast Asia Leader’s Initiative (YSEALI): Power of Collaboration ini, saya juga bertemu dengan para pemimpin muda dari Sembilan Negara ASEAN lainnya. Disini saya berkontribusi membawa nama besar Indonesia untuk turut serta menyumbangkan ide saya dalam mewujudkan kolaborasi antar pemimpin muda ASEAN lainnya, dalam rangka mewujudkan ASEAN menjadi region yang lebih makmur, baik dari segi ekonomi, pendidikan maupun demokrasi, di masa yang akan datang.

 

Sampai saat ini, saya masih berkomunikasi secara aktif dengan para pemimpin muda yang saya temui di forum tersebut. Beberapa kali kami mengadakan diskusi yang terbuka untuk publik di Negara kami masing-masing.  Melalui fasilitas video conference kami saling terhubung dan berbagi ataupun mengadaptasi ide yang sekiranya berguna untuk kita terapkan demi kemajuan ASEAN kedepannya.

 

Berkat intensnya komunikasi sesama alumni YSEALI, pada tanggal 19 Maret 2015, saya berkesempatan mengajak seorang rekan dari TEDxTuguPahlawan untuk menghadiri acara Global Youth Startup ASEAN di Kuala Lumpur,  yang diorganisir oleh salah seorang teman yang saya temui di Myanmar sebelumnya. Sebagai seorang leader saya merasa bangga karena berhasil membawa rekan yang saya pimpin untuk menghadiri sebuah acara internasional dan membuka wawasan globalnya. Sebagai peserta, saya mendapatkan banyak insight tentang potensi membangun ekosistem startup company berbasis inovasi di sebuah region yang sedang bertumbuh pesat bernama ASEAN. Disini juga saya mendapat insight bahwa sebenarnya potensi paling besar dimiliki oleh Indonesia, mengingat Negara ini sedang mengalami bonus demografi dimana jumlah angkatan muda usia produktifnya mendominasi total populasi. Sangat disayangkan jika hal ini kelak hanyalah sebuah pasar yang potensial bagi produk-produk asing, apabila tidak dibarengi dengan semangat entrepreneurship di kalangan anak mudanya. Untuk itu, saya ingin berkontribusi dan mengambil peran dalam membangun ekosistem inovasi dan mengkoordinir angkatan mudanya untuk menciptakan karya yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dan membuat Indonesia bangga di mata dunia. Dalam hal ini, saya memcoba memposisikan konsultan yang sebelumnya saya dirikan, Ideaction Inc (www.ideactioninc.com), untuk dapat membantu klien kami tumbuh secara inovatif.

 

Mengadopsi metode design thinking, Ideaction Inc berkontribusi aktif membantu perusahaan kelas menengah di Indonesia untuk tumbuh dan berkembang di era yang semakin kompetitif ini. Nizar Bordir, Smart Solusi Indonesia serta Kementrian Perindustrian Republik Indonesia adalah sedikit nama institusi yang telah mempercayakan training manajemennya di tangan Ideaction Inc.

 

Dari TEDxTuguPahlawan sampai Ideaction Inc, pengalaman saya telah memberikan banyak insight dalam menentukan kontribusi saya sebagai katalisator pertumbuhan inovasi bagi industri kelas menengah Indonesia saat ini dan di masa depan. Dan dengan mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri melalui beasiswa LPDP, saya berharap akan mendapatkan insight yang lebih banyak dalam menentukan arah pembangunan inovasi Indonesia di masa yang akan datang, sehingga bangsa ini mampu berperan semakin aktif dalam pembangunan dunia melalui karya-karyanya.

 

Contoh Essay Lain LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Comments

comments