BAGUS BERLIAN

TERHUBUNG DI MEDIA SOSIAL

   

BACA TULISAN SAYA DI SURELMU

ARSIP

Why are social entreprises so essential in achieving the SGDs?

It is clearly mentioned on the UN website that Sustainable Development Goals (SDGs) is the world’s best plan initiated by the UN to create a better world for people and planet by 2030. It consists of 17 main goals such as No Poverty (SDG-1), No Hunger (SDG-2) and affordable clean energy (SDG-7). This is a call for action for all countries for creating a sustainable future that brings equal prosperity in economic as well as social and environmental sector. However, this initiative comes with many challenges especially regarding merge social and environmental contributions on the operation of a business. It needs a new concept that enables people to understand that economic prosperity could be achieved in line with doing good for society and the environment.

read more…

Is there really such a thing called innate talent?

For many years, many psychologists spend times to solve a controversial question about personal cognitive ability. The question is: is there really such a thing called innate talent?

This question pushes many psychologists to do several kinds of research concerning talent. One of the example could be seen on a study conducted by a psychologist named Anders Ericsson at the Music Academy of Berlin that is known to be very elite and reputable. With the help of teachers and professors at the school, they grouped violinists into three different groups.

The first group was the school stars; they were students who are predicted to become world-class solo violinists. The second group consisted of the “good” students, they did not play as good as the school stars, yet the way they play the violin was still beautiful enough to be enjoyed. Whereas group three is a place for those, who predicted to be a music teacher in public school only and never go for professional.

All of these young violinists asked the same question: how long does the training take to achieve their level?

read more…

Bagaimana Caranya Tetap Fokus saat Kerja di Rumah?

Bekerja dari rumah seakan menjadi mimpi bagi beberapa orang di era milenial ini. Dengan sambungan internet di rumah, kita sebenarnya dapat mengerjakan pekerjaan kita tanpa harus pergi ke kantor. Tapi bagi mereka yang pernah mencoba bekerja dari rumah, kenyataannya memang tidak seindah yang kita bayangkan. Susahnya memisahkan urusan personal dengan professional ketika bekerja di rumah menyebabkan gangguan tersendiri yang kebanyakan tidak akan kita temui ketika bekerja di kantor.

Sebagai contoh ketika anda dalam proses bekerja di rumah, tiba-tiba seseorang di rumah meminta bantuan anda untuk membetulkan genteng yang bocor atau membelikan kebutuhan dapur, tak ayal waktu yang harusnya anda habiskan untuk bekerja akan berkurang hingga anda merasa hari yang anda jalani saat itu kurang produktif.

Sebagai seseorang yang pernah merasakannya, saya telah melihat banyak plus dan minusnya bekerja dari rumah. Tapi yang lebih penting dari itu semua, utamanya bagi anda yang senang bekerja dari rumah, bagaimana proses anda bekerja di rumah bisa menjadi sangat efektif dan mencapai goal yang telah anda tetapkan.

Baru-baru ini Harvard Business Review menerbitkan sebuah artikel menarik bagaimana bekerja dari rumah menjadi sangat efektif dan produktif. Berikut ini beberapa tips yang dibagikan dari artikel tersebut:

read more…

8 Pengalaman yang Harus Lelaki Alami Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Sebagai lelaki kita musti sadar bahwa ada banyak sekali peluang di luaran sana yang harusnya dapat kita maksimalkan sehingga dapat memberikan pelajaran hidup yang berharga buat kita. Namun kita musti sadar bahwa tidak semua peluang itu dapat kita tangkap secara bersamaan apalagi dalam waktu yang berdekatan. Dalam hal ini saya ingin berbagi sedikit perspective tentang beberapa hal yang harusnya lelaki alami setidaknya sekali seumur hidup agar menjadikan diri mereka benar-benar “lelaki” tidak hanyak bocah tua berjenggot saja.

1. Memimpin Sebuah Organisasi
Setuju atau tidak, saya masih menganut paham bahwa lelaki dilahirkan untuk menjadi seorang pemimpin. Baik itu untuk memimpin orang sekitarnya atau paling tidak memimpin dirinya sendiri. Mendapat pengalamaman untuk memimpin sebuah tim atau organisasi adalah hal wajib yang harusnya lelaki alami setidaknya sekali seumur hidup mereka karena hal ini akan memberikan mereka sebuah wawasan bagaimana pentingnya membuat sebuah visi, mengambil sebuah keputusan hingga menekan sisi egois kita untuk berkorban demi kepentingan bersama. Memang memimpin sebuah organisasi bukanlah sesuatu yang mudah, akan ada banyak resiko dan tantangan di dalamnya, tapi hei..! bukankah itu yang akan menjadikan lelaki lebih dewasa jika berhasil melewatinya?

2. Volunteering
Menjadi seorang relawan adalah langkah utama yang tepat bagi seorang lalaki yang ingin menjadi pemimpin. Karena dengan menjadi seorang relawan anda akan mulai mengerti bagaimana mendedikasikan diri terhadap sebuah misi yang tidak hanya dilatar belakangi oleh imbalan materi saja. Dedikasikan diri anda pada kegiatan-kegiatan seperti Kelas Inspirasi, Persatuan Pelajar Indonesia hingga Karang Taruna. Hal ini akan menjadikan seorang lalaki kelak akan menjadi pemimpin yang mampu menginspirasi sebuah gerakan walau mereka yang ikut serta dalam sebuah gerakan itu tidak dibayar.

read more…

#TemanBagus – Widyoseno Estitoyo dan Visinya untuk Teh Indonesia

Mengusung motto “The Finest Indonesian Tea” Havelteh merupakan perusahaan rintisan berbasis di Surabaya yang mencoba untuk mendobrak dominasi teh-teh asing, utamanya yang berkualitas premium, agar teh-teh asli Indonesia sendiri dapat dikenal juga atas kualitasnya yang di atas rata-rata.

Namun sayangnya langkah mewujudkan visi ini tidaklah mudah, banyaknya gempuran teh-teh premium asing seperti Dilmah dan Twinnings menjadikan langkah Havelteh seolah sulit untuk meraih minat pasar.

Dalam sesi #TemanBagus kali ini, menampilkan sosok Widyoseno Estitoyo, founder dari Havelteh dan visinya tentang dunia teh di Indonesia.

#TemanBagus adalah sebuah playlist di Idebagus! yang menampilkan sosok talenta yang memiliki karya inspiratif dan layak untuk dibagikan.