I Wish I Could Surprise Myself in 2017

 

Tahun 2016 telah berlalu.. banyak yang patut disyukuri dan banyak pula hal yang harus dijadikan bahan untuk introspeksi diri. Bagi saya pribadi tahun 2016 adalah tahun dengan banyak perjuangan.. mulai dari persiapan untuk kuliah lagi yang banyak memakan waktu dan energi sampai dengan kerjaan dari klien yang datang bertubi-tubi. Oiyah, disamping itu di tahun ini saya juga mendapatkan kesempatan untuk mengajar part-time di kampus alamater saya. Seru juga sih kembali ke dunia kampus dan bertemu dengan junior saya yang penuh dengan semangat dan ide. Dan yang tak kalah penting, di tahun ini saya juga cukup senang karena pada akhirnya saya bisa mengajak ummi saya jalan-jalan ke Malaysia dan Bali.. Walau menurut sebagian orang mungkin ini hal biasa, tapi menurut saya ini sangat penting untuk menciptakan waktu yang berkualitas di antara kami mengingat sejak lulus SMP saya telah hidup jauh dari rumah.

Terima kasih atas momen-monen yang indah di tahun 2016 ya Allah! Saya amat bersyukur menjalani waktu yang saya lalui ini.. Saya pun berharap semoga di tahun 2017 nanti akan ada banyak kejutan yang membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik, lebih dewasa dan mampu memberika impak yang baik untuk dunia sekitar.

Apapun kejutan yang akan hadir di tahun 2017, ada beberapa resolusi yang ingin saya capai di tahun 2017 ini:

1. Membaca lebih banyak buku

Dulu di awal tahun 2015 saya pernah membuat resolusi paling tidak akan membaca satu buku baru tiap dua minggu, dan alhamdulillah saya dapat menepati resolusi ini dengan baik. Tapi kebiasaan ini sedikit berkurang ketika di tahun 2016 saya harus disibukkan untuk mempersiapkan kuliah master saya, mencari beasiswa dan apply kampus sana-sini – belum lagi tuntutan kerjaan di awal semester 2016 yang sangat banyak. Maka dari itu karena beasiswa dan beberapa LoA dari kampus sudah di tangan, sepertinya kebiasaan resolusi untuk membaca lebih banyak buku ini adalah sebuah hal yang patut diwujudkan di tahun 2017.

2. Pergi travelling ke banyak tempat baru

Tahun 2016 memberikan saya banyak pengalaman mengunjungi tempat baru, walaupun tidak sebanyak travelling yang saya lakukan di tahun 2015, tapi beberapa perjalanan di tahun 2016 sangat memberikan kesan yang mendalam buat saya. Mulai dari jalan-jalan tahunan bareng TEDxTuguPahlawan ke Karimunjawa sampai dengan mengajak Ummi saya santai sejenak di Ubud.

Semoga di tahun 2017 ini saya dapat travelling ke beberapa tempat baru. Saya pengen banget pergi ke Nepal dan mengunjungi Langtang National Park plus Annapurna Base Camp bareng temen-temen Gofarway dan semoga itu terwujud di tahun ini!

3. Mulai kuliah lagi

Saya sangat bersyukur di tahun 2016 kemarin saya mendapatkan beasiswa LPDP dan diterima di beberapa  kampus untuk melanjutkan program MBA. Walaupun masih bingung menentukan akan kuliah dimana karena pada dasarnya bingung juga mau menentukan pilihan dan masih menunggu beberapa LoA dari kampus lainnya, semoga tempat dimana saya nanti belajar adalah tempat yang terbaik untuk mendevelop diri saya pribadi.

4. Hidup sebagai minoritas

Dulu saya pernah menulis tentang “9 Hal yang Harusnya Mulai Dilakukan Ketika Berusia 2o Tahunan” dan salah satu pointnya adalah menjadi minoritas. Menurut saya yang sejak dari orok terlahir sebagai mayoritas ini sangatlah penting untuk mendapatkan pengalaman menjadi minoritas, karena hal ini tentu akan memberikan saya perspektif berbeda dalam melihat dan juga mampu menempatkan posisi saya dengan bijak dalam diri orang lain jika saya berhadapan dengan mereka yang berlainan latar belakang dengan saya. Semoga pengalaman menjadi minoritas ini bisa saya dapat ketika nanti saya kembali ke bangku kuliah, entah di negara mana itu..

5. TEDxTuguPahlawan tetap berjalan

Saat ini saya dihadapkan dalam sebuah dilema karena organisasi yang telah saya bangun sejak tahun 2012 masih kebingungan mencari pengganti saya apabila saya melanjutkan kuliah lagi ke luar negeri. Saya harus sadari bahwa nama TEDxTuguPahlawan selalu lekat dengan saya sampai sampai ada salah seorang seniman di Surabaya yang bilang kalo TEDxTuguPahlawan itu yah Bagus Berlian, padahal di balik eksistensi organisasi selama ini ada banyak telanta luar biasa yang patut diekspos kelebihannya juga. Semoga di tahun tahun kedepannya organisasi ini tetap berjalan seperti halnya biasanya.. tetap ada acara diskusi bulanan (TEDxTuguPahlawanSalon) dan juga conference besar tahunan kita. Oiyah, kita sedang membuka kesempatan jika temen-temen ingin berkontribusi di dalam organisasi ini melalui link berikut.

6. Blog ini kembali aktif berbagi seperti sedia kala

Sebelum saya punya kesibukan tambahan untuk mempersiapkan kuliah lagi, blog ini selalu pudate tiap hari senin pagi dengan berbagai ide segar yang saya dapat dari beberapa buku yang sebelumnya saya baca. Semoga rutinitas ini kembali hadir di tahun 2017.

7. Membuat Vlog?

Ada teman yang menyarankan untuk ikutan trend bikin vlog.. konsepnya berupa diskusi ringan saya dengan salah seorang pakar tentang berbagai isu yang sedang berkembang belakangan ini. Yah.. mirip dengan TEDxTuguPahlawanSalon gitu.. tapi dibikin lebih asik aja.. hahaha Entah ini bakal terwujud di tahun 2017 apa tidak karena saya belum pernah sama sekali belajar editing video.

8. Lebih sering menghubungi keluarga di Rumah

Saya harus menyadari bahwa sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga, saya punya tanggung jawab lebih atas orang tua saya. Tapi kadang hal yang sering kali saya lupa lakukan adalah menghubungi orang tua saya di rumah hanya untuk sekedar menanya kabar dan semacamnya. Paling tidak kebiasaan ini akan membuat saya menjadi pribadi yang lebih care terhadap orang rumah ketika saya beranjak menjadi kepala keluarga nanti, tidak hanya sibuk fokus meniti karir saja.

9. Mulai memikirkan tentang pernikahan?

Secara finansial sih inshaallah saya mampu, tapi kadang saya suka bingung juga kalo dihadapkan dengan pertanyaan seperti ini.. Apalagi kalo yang tanya adalah saudara-saudara dari Ummi Hahaha apa memang saya harus mulai memikirkannya dengan serius di tahun 2017 ini?

10. Lebih banyak bersyukur atas pencapaian yang telah diraih

Jujur saya pribadi adalah orang yang sering kali meragukan kapasitas diri saya sendiri hahaha, apakah saya cukup pintar untuk melanjutkan kuliah lagi, apakah kelak saya bisa memimpin usaha saya lebih maju lagi, apakah saya bisa memimpin teman-teman di organisasi saya dengan baik.. pertanyaan konyol seperti ini sering kali muncul dan saya sharingkan pada orang-orang terdekat saya sampai akhirnya dua hari yang lalu – tepatnya pada tanggal 20 Desember 2016 malam – Ummi saya memberi nasehat saya untuk berhenti meragukan diri sendiri karena kita sendiri tidak tahu bahwa mungkin di belahan bumi bagian lain ada beberapa orang yang memimpikan untuk menjadi seperti kita. Tetap bersyukur akan apa yang telah diraih dan harus percaya diri bahwa kita dapat melewati segala tantangan di tahun yang akan datang.

Seperti apapun kehidupan yang akan saya jalani di tahun 2017, semoga resolusi yang telah saya tulis dapat berjalan dengan baik walaupun Allah mungkin tidak akan mengamini semuanya.. tapi satu hal yang saya dambakan: Semoga di tahun 2017 ini Allah akan memberikan saya banyak kejutan yang mampu membuat kualitas hidup saya menjadi lebih baik lagi :).

 

“May your coming year be filled with magic and dreams and good madness. I hope you read some fine books and kiss someone who thinks you are wonderful, and don’t forget to make some art – write or draw or build or sing or live as only you can. And i hope, somewhere in the next year, you surprise yourself.” – Neil Gaiman

 

Comments

comments