Kebiasaan yang Melekat pada Mereka yang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Di artikel sebelumnya, kita telah membicarakan beberapa ciri mereka yang mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi dan bagaimana hal ini berguna menjadi penunjang kesuksesan kita di masa yang akan datang. Jika kecerdasan intelejensia lebih mengarah pada seberapa dalam potensi isi kepala anda, maka kecerdasan emosional lebih ke arah bagaimana kita memenej kompleksitas kehidupan sosial, mengatur kebiasaan sehari-hari hingga mengambil keputusan yang tepat untuk hasil terbaik di masa yang akan datang. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang melekat pada mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi.

1. Mereka Mengetahui Apa Kelebihan dan Kelemahan Mereka

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mempunyai kebiasaan untuk mengoreksi diri sendiri, sehingga mereka paham bidang apa yang benar-benar mereka kuasai dan di bidang apa biasanya titik lemah mereka. Memiliki kecerdasan emosional tinggi berarti anda harusnya tahu bagaimana fokus menggunakan kelebihan anda semaksimal mungkin untuk meraih pencapaian maksimal anda.

2. Mereka Sering Kali Penasaran dengan Orang di Sekeliling Mereka

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, seringkali penasaran dengan berbagaimacam karakter yang dimiliki orang-orang di sekitar mereka. Sebenarnya rasa penasaran ini adalah bentuk dari empati besar yang biasa dimiliki oleh mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Semakin mereka penasaran terhadap seseorang, semakin mereka menaruh perhatian lebih terhadap orang tersebut.

3. Mereka Sangat Pintar Menilai Karakter Seseorang

Kecerdasan emosional sebenarnya dapat dibentuk dari kesadaran sosial akan sekeliling kita, seperti kemampuan membaca pikiran orang lain, memahami perasaan lawan bicaranya, mengerti potensi yang dimiliki oleh rekan kerjanya hingga melihat apakah lawan bicaranya ini sedang bohong atau tidak. Kemampuan seperti inilah yang pada akhirnya membuat mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi dinilai sebagai pembaca karakter yang baik.

4. Mereka dapat Merangkul Perubahan

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sangat mudah sekali untuk beradaptasi dengan perubahan, selain itu mereka juga cenderung fleksibel dalam menghadapi suatu permasalahan. Mereka tahu bahwa rasa takut akan perubahan adalah faktor utama yang akan menghambat kesuksesan dan kebahagiaan mereka.

5. Mereka Tidak Mudah Tersinggung

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi paham betul mana yang merupakan candaan dan mana yang merupanakan sebuah hinaan. Sehingga ketika mereka sedang bercanda dengan teman-temannya pun sangat sulit baginya untuk tersinggung. Begitu pula sebaliknya, mereka tidak akan membuat sebuah lelucon yang dapat menjadi hinaan bagi orang lain.

6. Mereka Tahu Caranya Berkata Tidak (Pada Diri Sendiri maupun Orang Lain)

Pada hakekatnya kecerdasan emosional adalah soal pengendalian diri, seperti mengetahui kapan saatnya anda harus assetif hingga kapan saatnya anda harus diam dan mengendalikan amarah anda. Kemampuan untuk mengendalikan diri inilah yang akhirnya akan membuat mereka yang miliki kecerdasan emosional tinggi menjadi lebih rentan akan stres, kelelahan dan bahkan depresi. Kemampuan pengendalian diri ini jugalah yang akhirnya mampu membantu mereka untuk terus konsisten bergerak meraih mimpi yang mereka tuju.

7. Mereka Memberi Namun Tidak Mengharap Imbalan

Ketika seseorang tiba-tiba memberikan sesuatu secara spontan tanpa mengharap imbalan, hal ini akan meninggalkan sebuah kesan yang begitu mendalam. Sebagai contoh ketika anda sedang membicarakan tentang sebuah buku yang menarik dengan seorang teman dan anda mengetahui bahwa teman itu sangat tertarik akan buku tersebut, lalu beberapa waktu kemudian anda muncul dengan buku yang dimaksud, tentu hal ini akan meninggalkan sebuah kesan yang mendalam. Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu membangun hubungan yang kuat karena mereka secara konstan memikirkan orang-orang di sekelilingnya.

8. Mereka Tidak Menyimpan Dendam

Emosi negatif datang dari sebuah stress yang biasanya diakibatkan oleh dendam di masa lalu. Untuk itu, mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi sangat tahu bahwa tidak ada gunanya menyimpan dendam berkepanjangan di dalam hati. Memaafkan adalah salah satu solusi yang bisa diambil dalam kondisi seperti ini. Karena dendam yang disimpan berkepanjangan dapat mengakibatkan stress yang juga berpengaruh pada kesehatan badan dan juga pikiran mereka.

9. Mereka Tahu Kapan Harus Berhenti Sejenak dari Rutinitas

Mereka yang memiliki kecerdasan Emosional yang tinggi akan selalu memiliki ambisi untuk meraih pencapaian yang lebih tinggi lagi, tetapi mereka paham betul bahwa ada keluarga yang sudah selayaknya diberi perhatian. Untuk itu mereka tahu betul kapan saatnya mengejar mimpi dan kapan saatnya rehat sejenak untuk memperhatian kehidupan sosialnya. Karena bagi mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, ambisi dan juga kehidupan sosial haruslah berjalan seimbang.

10. Mereka Mampu Membuang Pikiran Negatif Mereka

Semakin sering anda merenungkan hal negatif, semakin besar hal tersebut menguasai pikiran anda. Mereka yang dikuasai pikiran negatif akan melihat segala sesuatunya sebagai hal yang buruk. Untuk itu mereka yang miliki kecerdasan emosional tinggi paham betul untuk menanamkan sikap berpikir positif sedari awal. Karena pikiran positif inilah yang akan selalu membantu mereka ketika mereka menghadapi masalah, kegagalan atau bahwan bencana.

11. Mereka Tidak akan Membiarkan Orang Lain Mengganggu Kebahagiaan Mereka

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi tahu betul bahwa pendapat orang lain, komentar sinis dan berbagai macam kritikan yang menghujaninya tidak akan berpengaruh sedikit pun terhadap kebahagiaannya. Mereka menjadikan hal ini sebagai referensi untuk hidup mereka yang lebih berkualitas lagi. Selain itu, mereka juga tidak perlu membandingkan diri mereka sendiri dengan orang lain. Karena pada hakekatnya setiap manusia diciptakan berbeda satu sama lain adanya.

12. Mereka Mengapresiasi Apa yang Mereka Punya Hari Ini

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi paham betul bahwa perjalanan yang sejauh ini mereka tempuh adalah buah dari kerja keras, kesabaran dan semangat pantang menyerah yang mereka lakukan plus dukungan dari orang sekitar. Untuk itu sangat penting bagi mereka untuk sekedar duduk dan bersantai dengan keluarga, sambil bersyukur atas nikmat yang telah tuhan berikan hari ini.

 

“If you don’t forgive those who have hurt you, you give them power of you. When you forgive you are in control of yourself and emotions.” – Lailah Gifty Akita

Comments

comments