Kuliah Itu Tetap Penting

Beberapa waktu lalu teman main saya berkata “Bill Gates aja sukses ngembangin Microsoft walaupun drop out dari Harvard, so Kayanya aku musti cabut juga dari kampus dan fokus ngembangin usaha ini”

Perlu diketahui kawan, teman saya ini punya usaha Cafe di wilayah Surabaya pusat. Cafenya tidak seberapa ramai ketika weekdays, namun cukup untuk memenuhi “biaya operasional” selama seminggu ketika pengunjung weekend berdatangan.

Menanggapi pernyataan sebelumnya saya sih hanya bisa nyeletuk “Iya men, kalo kamu sekolahnya di Harvard mau DO atau apapun terserah, lah kalo sekolahnya di ***** (kampus di Surabaya Pusat), apalagi sayang banget loh, kan studi kasus di kampus lumayan juga buat referensi ngembangin Café. Toh kamunya ngga sibuk-sibuk amat kan di Café?”

Teman saya yang ini sih masing mending ada Usaha. Beberapa tahun yang lalu, saya pernah bertemu dengan teman SMA saya di sebuah Mall, saya tanya bagaimana perkembangan kuliahnya, dia cuma bilang lagi males aja kuliah, mending dia keluar dan langsung cari kerja.

“Useless banget kuliah itu, kebanyakan teori. Lagian orang-orang kaya Steve Jobs, Bill Gates atau Mark Zuckerberg aja bisa sukses walaupun mereka DO”.

Oh Men! Lagi-lagi mereka mengkambing hitamkan orang-orang “keren” itu dengan dalil “DO aja sukses”.  Sepertinya mereka tidak pernah membaca keseluruhan kisah hidup mereka.

Siang ini, tepatnya Minggu 19 Mei 2013, saya yang lagi baca buku tentang Bill Gates yang berjudul “Impatient Optimist” karya Lisa Rogak menemukan sebuah quotes yang mungkin akan mengoyangkan iman mereka yang percaya “DO aja Sukses”.

Dalam buku ini, Bill Gates berkata“Saya cukup prihatin mendengar orang muda berkata tak mau kuliah karena saya tidak lulus. Satu hal yang perlu mereka tahu, pendidikan yang saya peroleh relatif baik (Harvard) meski saya keluar sebelum meraih gelar. Selain itu,perkembangan dunia semakin kompetitif, rumit dan bergerak semakin cepat tiap tahunnya, sekarang ini kuliah sama pentingnya dengan SMA (Jaman Bill Gates) dimasa lalu.”

Proses pembelajaran memang bisa berasal dari mana saja, tidak mesti dari bangku kuliah, tapi kita mesti harus sadari bahwa kuliah itu cukup penting untuk mengembangkan daya nalar kita,sosialisasi kita dengan orang lain hingga cara kita memandang dunia lebih luas lagi.

Dari pernyataan Bill Gates sebelumnya dapat kita ambil pelajaran bahwa kuliah itu penting kawan, apalagi di jaman yang semakin penuh tantangan ini. Toh pelajaran di perkuliahan kan dapat kita jadikan referensi juga kelak di dunia kerja. Toh orang tua masih bisa membiayai, toh program beasiswa masih banyak kan? Toh Kamunya belum terlalu sibuk kan? Toh industri yang akan kamu geluti tidak menuntutmu untuk totally focus kan?

Bagi anda yang tetap ingin D.O.dengan dalil “Bill Gates aja D.O. bisa sukses”, semoga anda masih tetap bisa belajar dari kehidupan yang nantinya akan anda jalani.

Comments

comments