Makna Tentang Leadership yang Harusnya Kita Ketahui

Apakah anda mengerti makna dari seorang leader atau pemimpin? Jika anda menganggap pemimpin adalah orang semacam atasan anda, anda sepertinya kurang memahami makna dari seorang leader. Nyatanya, leader bukan hanya soal jabatan atau posisi. Jauh lebih dari itu, leadership adalah soal pengaruh. Banyak orang yang memiliki jabatan jauh di atas kita, tapi berapa banyak diantara mereka yang mampu benar-benar mempengaruhi hidup kita?

Pastikan anda memahami beberapa hal berikut ini, untuk membangun potensi leadership anda dengan lebih bermakna.

Tidak Semua Entrepreneur adalah Leader

Sangat banyak dari kita yang mengasumsikan bahwa seorang entrepreneur pastilah leader, tapi nyatanya, walaupun seorang entrepreneur adalah mereka yang mempunyai ide hebat dan menjalankan sebuah bisnis, tidak lantas mereka bisa disebut seorang leader. Sekali lagi ini bukan soal posisi, tapi ini soal pengaruh. Walaupun anda memiliki ide yang hebat dan menjalankan sebuah bisnis, tapi jika anda tidak dapat mengkomunikasikan ide tersebut dengan baik dan memotivasi kolega anda untuk mencapai visi bersama, anda masih belum bisa disebut sebagai seorang leader. Hal inilah yang biasanya juga terjadi di dalam sebuah perusahaan start-up. Banyak start-up entrepreneur yang hanya mengandalkan ide hebat mereka saja dalam membangun bisnis. Tapi jika ide hebat ini tidak mampu dieksekusi bersama, bagaimana kedepannya ide ini menjadi besar?

Singkatnya, mungkin hanya para entrepreneur yang mampu menciptakan pengaruh positif kepada para koleganyalah yang bisa kita sebut sebagai seorang leader.

Management Bukanlah Ilmu Leadership

Banyak dari kita yang berpikir bahwa leadership adalah soal management. Padahal nyatanya, management adalah ilmu tentang pengaturan, sedangkan leadership adalah soal pengaruh. Keduanya adalah dua hal yang sangat jauh berbeda.

Jika anda masih banyak menghabiskan waktu anda dalam mengatur orang, proses produksi hingga memastikan target perusahaan, anda adalah seorang manager. Tapi jika anda mulai membagun pengaruh anda kepada kolega sekitar anda dan meraka mulai terinspirasi dengan anda, baru anda bisa disebut sebagai seorang leader.

Leader Tidak Harus Berdiri di Garis Paling Depan

Hanya karena anda berani berdiri di garis paling depan dan lantang mengemukakan pendapat, bukan berarti anda adalah seorang leader. Seorang leader bisa berdiri di depan, bisa juga di tengah-tengah atau bahkan di belakang kolega mereka, tergantung situasi mana yang paling tepat saat itu. Berdiri di garis depan, tengah atau belakang, jika anda mampu bersama-sama mengajak kolega anda mencapai visi bersama, baru anda adalah seorang leader.

Jadi, apa poin-poin singkat yang dapat kita pelajari sejauh ini?

  1. Leadership adalah soal mempengaruhi. Nothing less and nothing more.
  2. Leadership adalah hak istimewa atau privilege atau terkadang adalah sebuah panggilan.
  3. Hanyak orang lain yang dapat menyematkan makna leadership kepada anda. Jika anda sendiri yang menyematkannya, anda bukanlah seorang leader.

“If your action inspire others to dream more, learn more, do more and become more, you are a leader – John Quincy Adams”

Comments

comments