People Remember Moment

Restoran Lie Po di San Fransisco

Di sebuah restoran di San Fransisco, seorang executive perusahaan IT yang bekerja di Silicon Valley tampak keheranan melihat keramaian sebuah restoran masakan cina yang bernama Lie Po. Executive ini berasal dari Indonesia dan baru beberapa minggu ini tinggal di Amerika Serikat. Di negaranya yang juga memiliki populasi keturunan cina yang banyak sekalipun, belum pernah ia menemui sebuah restoran cina seramai Lie Po. Karena penasaran, ia pun masuk.

Pelayan dengan ramah melayaninya dengan bahasa inggris yang masih belum fasih dan sang executive pun memesan “Hainan Chicken with rice, please”, dan meminta minuman “Coke Zero”. Pelayan berkata “Maaf, kontak kami dengan Pepsi, jadi kami tidak menjual produk Coca-cola disini. Apakah saya dapat menggantinya dengan Diet Pepsi?” Sang executive pun menolak dengan muka masam dan meminta air putih saja.

Ketika ia sedang menikmati makanannya, tiba-tiba seorang berpakaian rapi membawakan Coke Zero dingin dan menaruh di depan executive tadi dan berkata sambil tersenyum “Tadi anda menginginkan Coke Zero bukan?” lalu tak lama berselang ia pun berlalu.

Sang executive pun meminum dengan puas dan memanggil pelayan yang melayaninya tadi. Pelayan datang dan tersenyum melihat Coke Zero ada di sana.

“Nah, sudah ada minuman kesukaan anda kan?” Ujar pelayan.

“Tadi katanya tidak ada? ini kok ada?” Tanya Executive masih penasaran.

“Benar, baru saja kami belikan di pasar swalayan seberang.” Terang pelayan.

“Restoran ini sedang ramai, siapa yang membelikan” Selidik Executive.

“Manager kami, dia tidak terlalu sibuk di belakang, jadi dia yang berinisiatif membeli”

“Lho. katanya kontrak dengan Pepsi?”

“Memang, jika menjual Coca-cola tidak boleh, kalau memberikan gratis kepada pelanggan saya kira boleh.” Jawab pelayan sederhana sambil tersenyum.

 

Going Extra Miles

Memberi pelayanan yang baik adalah hal yang umum dan biasa kita temui di berbagai perusahaan saat ini. Namun memberikan pelayanan yang lebih, apalagi yang tidak terduga bisa menjadi kunci sukses sebuah perusahaan. Sedikit usaha lebih yang dilakukan oleh Manager Restoran dapat membuat Executive tadi akan mengingatnya sampai jauh hari, bahkan cerita di restoran itu bisa menjadi cerita yang anda baca saat ini.

“Because people remember the moment, not the time”

Ciptakan momen-momen berharga yang tak terduga, baik di lingkungan perusahaan anda atau di kehidupan keluarga anda. Kerena hal ini kan selalu diingat oleh para pelanggan ataupun keluarga anda. Sehingga mereka akan setia pada anda dan bisa-bisa merekomendasikan anda kepada pihak lain.

 

Comments

comments