Saran Richard Branson dalam Memulai Bisnis

Dalam bukunya yang berjudul “Like a Virgin”, Richard Branson membagikan 5 hal yang membuatnya bisa sukses mengembangkan Virgin Group sampai sebesar sekarang ini. 5 Kunci sukses Richard Branson ini adalah hasil renungannya selama 40 tahun menjalankan bisnis. Dan berikut adalah kelima hal yang membuat Richard Branson sukses menjalankan bisnisnya :

Lakukan Karena Anda Menikmatinya

Butuh kerja keras dan proses yang luar biasa panjang untuk memulai bisnis, jadi sangat dianjurkan anda benar-benar menikmati proses yang panjang ini.

Saat memulai Virgin Group dari lantai bawah di London Barat, taka da rencana hebat atau strategi spesifik yang diterapkan oleh Richard Branson. Tujuan utamanya hanya menciptakan sesuatu yang akan dinikmati saat menggunakannya, bersenang-senang saat mengerjakannya dan akhirnya mampu membayar semua tagihan-tagihannya.

Bagi Richard Branson, membangun bisnis adalah membangun sesuatu yang bisa dibanggakan, mengumpulkan orang-orang berbakat dan menciptakan sesuatu yang dapat mengubah dunia di kemudian hari.

Innovatiflah

Apapun produk, layanan atau brand anda, tak mudah memulai usaha dan bertahan di era yang bergerak semakin simultan ini. Jika anda lihat bisnis-bisnis yang berhasil dalam dua puluh tahun terakhir ini, ambillah contoh Microsoft, Google, Apple dan Facebook semuanya berhasil dengan melakukan hal-hal yang tak pernah dilakukan sebelumnya dan kemudian berinovasi tanpa henti.

Ingat apa yang pernah dikatakan oleh Steve Jobs “Innovasi adalah pembeda antara mereka yang memimpin dengan para pengekor.”

Buat Mereka Bangga akan Produk Anda

Bagi Richard Branson, tak ada yang lebih menyedihkan daripada mendengar orang yang kecewa tentang tempat kerjanya. Ketika mereka bangga dikaitkan dengan perusahaan tempat mereka bekerja, perasaan ini akan membangkitkan dedikasi khusus yang menjadi pembeda besar antara brand perusahaan anda dengan para competitor.

Leading is Listening

Untuk menjadi pemimpin yang baik, anda harus menjadi pendengar yang baik. Dengarkan orang lain, biarkan mereka mengungkapkan pikirannya dan belajarlah dari mereka. Sebagai pemimpin, anda sesekali harus pandai menyampaikan pujian di saat yang tepat, segera hargailah hasil pekerjaan yang diselesaikan dengan baik. Jangan pernah mengkritik orang secara terbuka, apalagi memarahi anak buah anda di depan umum.

Pentingnya Turun Lansung ke Lapangan

Pemimpinyang baik tidak hanya bekerja dari balik meja kantornua saja. Bagi Richard Branson, bekerja di balik meja adalah rutinitas yang sangat membosankan. Maka dari itu, turun langsung ke lapangan atau sesekali menyapa kabar pelanggan adalah sesuatu yang wajib baginya. Turun langsung ke lapangan membuatnya dapat dengan jelas meresapi apa yang sadang dijalani oleh perusahaannya dan akan dibawa kemana nanti kedepannya.

Comments

comments