You Inc – Merek itu Bernama Anda

Di era ekonomi modern seperti sekarang ini, merek telah mendominasi hidup kita. Lihatlah sepatu Nike yang anda pakai, jam tangan yang anda kenakan, hingga mana yang lebih anda suka, antara menyeduh Nescafe atau nongkrong di Starbucks. Terkadang, semua merek yang melekat pada diri kita menyatakan siapa kita sebenarnya. Inilah waktunya bagi kita untuk mengambil pelajaran dari merek-merek terkenal itu untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi terkenal dan mudah diingat diantara para “komoditi” di dunia ini.

Tanpa memperdulikan usia, posisi atau bisnis yang kebetulan kita geluti sekarang ini, kita semua perlu memahami arti penting dari sebuah branding. Kita adalah CEO dari Me Inc / You Inc. Kita adalah pimpinan dari diri kita sendiri.

Untuk membuat anda berbeda dari banyak “komoditi” di luar sana, tugas utama anda adalah menjadi pimpinan tenaga pemasaran untuk merek yang bernama anda alias You Inc.

Sesederhana itulah konsep personal branding!

Tapi permasalahannya, You Inc atau personal branding anda tidak bisa diciptakan secara instan. Perlu banyak berproses dalam mengambil pelajarannya dan perlu banyak legawa untuk menerima kritik dari sana-sini. Dan satu hal lagi, untuk menjadikan anda sebagai merek yang muncul pertama kali di benak publik, anda harus fokus pada positioning brand anda.

Ketika pertama kali saya menulis di blog bagusberlian.com ini, saya sadar bahwa saya harus fokus untuk membentuk merek saya pribadi. Karena saya sangat suka akan bidang entrepreneurship, ideas dan inovasi, maka ketiga hal inilah yang jadi fokus personal branding dari blog saya ini. Dan alhamdulillah, dari sini saya mulai dikenal oleh beberapa kalangan publik.

Alih-alih fokus untuk bersaing dengan banyak “komoditi” di luar sana, lebih baik anda fokus pada ceruk pasar yang akan anda masuki. Yang membuat nama anda muncul di kepala orang untuk pertama kalinya ketika mereka memerlukan bantuan manajemen, marketing, desain atau keahlian professional lainnya.

Mulai saat ini, fokuslah pada personal branding anda. Pimpinlah You Inc menjadi sebuah merek yang selalu menempel di benak orang. Karena jika anda bukanlah sebuah merek, maka anda adalah “komoditas”. “Komoditas” akan terjebak pada perang harga, sedangkan merek akan terus tumbuh seiring proses pembelajaran yang dilaluinya.

Jika anda bukanlah sebuah merek, maka anda adalah komoditas – anonymous

Comments

comments